Selasa, 16 Oktober 2018

RPP PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI K 13


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sekolah
:SMA N 1 JATENG
Mata Pelajaran
:GEOGRAFI
Semester
:1
Materi Pokok
:Pengetahuan Dasar Geografi dan Terapannya dalam kehidupan sehari - hari
Alokasi Waktu
: 6 jam


A.       Kompetensi Inti
KI 1
:
        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”
KI 3
:
        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
          Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakanmetode sesuai kaidah keilmuan

B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1
          Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.1.1

3.1.2

3.1.3

3.1.4

3.1.5

3.1.6


3.1.7


Menjelaskan ruang lingkup pengetahuan geografi.
Menganalisis objek studi dan aspek geografi.
Menjelaskan konsep esensial  geografi dan contoh terapannya.
Menjelaskan prinsip geografi dan contoh terapannya.
Menganalisis pendekatan geografi dan contoh terapannya.
Mengidentifikasi aspek-aspek geografi dan gejala-gejalanya dalam kehidupan
Menunjukkan objek dan aspek geografi pada peta yang memperlihatkan penerapan konsep dan prinsip geografi
Menganalisis hubungan antara suatu objek dengan objek lainnya di permukaan bumi
4.1
           Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan
4.1.1
Membuat contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan


C.Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
          Menjelaskan Definisi Geografi
          Mengidentifikasi Ruang lingkup pengetahuan geografi
          Menjelaskan Objek studi dan aspek geografi
          Menjelaskan Pendekatan Penelitian Geografi
          Mendeskripsikan Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
          Menyebutkan Prinsip-Prinsip Geografi
         Menjelaskan tentang Ilmu Penunjang Geografi
         Menjelaskan Aspek-Aspek Geografi dan Gejala-Gejalanya dalam Kehidupan

Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
Fokus nilai-nilai sikap
          Peduli
          Jujur berkarya
          Tanggung jawab
          Toleran
          Kerjasama
          Proaktif
          kreatif


D.Materi Ajar
      Materi Pembelajaran Reguler
             Fakta:
          Ruang lingkup pengetahuan geografi
             Konsep:
          Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
-     Pengertian geografi
-     Perkembangan ilmu geografi
-     Konsep esensial geografi
          Obyek studi geografi
             Prinsip:
          Prinsip geografi dan contoh terapannya
1.   Prinsip persebaran
2.   Prinsip timbal balik
3.   Prinsip korologi
4.   Prinsip penggambaran
             Prosedur:
          Pendekatan geografi dan contoh terapannya
         Metode/pendekatan keruangan
         Metode/pendekatan kompleks kewilayahan
         Metode/pendekatan ekologi
         Aspek geografi
         Aspek fisik (alamiah): gejala-gejala alam yang timbul
         Aspek sosial (kehidupan): dengan segala interaksi, penyebaran, maupun relasinya
      Materi pembelajaran remedial
      Perkembangan ilmu geografi
      Materi pembelajaran pengayaan
Ruang lingkup pengetahuan geografi

E.Metode Pembelajaran
Pendekatan
:
Saintifik
Metode Pembelajaran
:
mind mapping, teknik ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
Model Pembelajaran
:
discovery learning

:

F.Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar


1.         Alat dan Bahan Belajar

          Media/alat:
          Media LCD projector,
          Laptop,
        Bahan Tayang
1.         Sumber Belajar

          Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Geografi kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
          Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku siswa Mata Pelajaran Geografi kelas  X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
          Mediatama. 2016, Buku Siswa mata Pelajaran Geografi Kelas X Edisi Revisi ,Surakarta





G.Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi (Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai (Literasi).
          Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
          Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
          Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apsersepsi
          Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
          Pada kelas IX
          Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
          Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
          Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
          Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
          Definisi Geografi
          Ruang lingkup pengetahuan geografi
          Objek studi dan aspek geografi
          Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
          Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
          Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
          Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
          Pembagian kelompok belajar
        Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit

Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
kepada masalaOrientasi peserta didik h
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)pada topic
                      Definisi Geografi
                      Ruang lingkup pengetahuan geografi
                      Objek studi dan aspek geografi
dengan cara :
                      Melihat (tanpa atau dengan alat) Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
 
                      Mengamati Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter).
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
                      Definisi Geografi
                      Ruang lingkup pengetahuan geografi
                      Objek studi dan aspek geografi
                      Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), (Literasi)
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
                      Definisi Geografi
                      Ruang lingkup pengetahuan geografi
                      Objek studi dan aspek geografi
                      Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
                      Definisi Geografi
                      Ruang lingkup pengetahuan geografi
                      Objek studi dan aspek geografi
                      Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
                      Definisi Geografi
                      Ruang lingkup pengetahuan geografi
                      Objek studi dan aspek geografi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar  Berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan sikap jujur , disiplin, serta tanggung jawab dan kerja sama yang tingi (Karakter)
contohnya :
                      Mengajukan pertanyaan tentang :
                      Definisi Geografi
                      Ruang lingkup pengetahuan geografi
                      Objek studi dan aspek geografi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
                      Objek material geografi adalah sasaran atau isi kajian geografi. Objek material yang umum dan luas adalah geosfer (lapisan bumi), yang meliputi:
                    Dalam objek formal ada tiga hal pokok dalam sudut pandang keruangan, yang terdiri atas:
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi (Berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan  rasa ingin tahu, tanggung jawab  dan pantang menyerah (Karakter),literasi (membaca) yang dapat mendukung jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, baik dari buku paket maupun sumber lain seperti internet; melalui kegiatan:
                      Mengamati obyek/kejadian,
                      Definisi Geografi
                      Ruang lingkup pengetahuan geografi
                      Objek studi dan aspek geografi
                      Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
                      Definisi Geografi
                      Ruang lingkup pengetahuan geografi
                      Objek studi dan aspek geografi
                      Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
                      Definisi Geografi
                      Ruang lingkup pengetahuan geografi
                      Objek studi dan aspek geografi
                      Aktivitas (Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C)
                      Peserta didik diminta mencari permasalahan geosfer yang ada di tempat tinggal Anda! Coba Anda telaah dengan cara pendekatan geografi untuk menjawab pertanyaanpertanyaan: apa, di mana, berapa, mengapa, bagaimana, kapan, siapa. Serahkan hasil kajian tersebut kepada bapak atau ibu guru untuk dinilai!
                      Mempraktikan
                      Mendiskusikan Berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan  rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter)
                      Peserta didik diminta membuat kelompok diskusi 4 – 5 orang.coba diskusikan persamaan dan perbedaan definisi geografi dari beberapa ahli geografi dengan mengisi tabel seperti di bawah ini.dan buatlah tabel di buku tugas Anda.
                      Diskusikan dengan teman sebangku Anda tentang skema ruang lingkup studi ilmu geografi dan jelaskan dengan kata-kata Anda sendiri!
                      Saling tukar informasi tentang  :
                      Definisi Geografi
                      Ruang lingkup pengetahuan geografi
                      Objek studi dan aspek geografi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
                      Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
                      Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang:
                      Definisi Geografi
                      Ruang lingkup pengetahuan geografi
                      Objek studi dan aspek geografi
                      Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
                      Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya
                      Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
                      Definisi Geografi
                      Ruang lingkup pengetahuan geografi
                      Objek studi dan aspek geografi
                      Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
                      Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
                    Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
                      Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
                      Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
                      Definisi Geografi
                      Ruang lingkup pengetahuan geografi
                      Objek studi dan aspek geografi
                      Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
                      Definisi Geografi
                      Ruang lingkup pengetahuan geografi
                    Objek studi dan aspek geografi
105
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
                      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
                      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
                      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
                      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
                      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
                      Mengagendakan pekerjaan rumah.
                      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
                    Memberi salam
15
menit

2. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi (Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai (Literasi).
                      Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
                      Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
                      Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
                      Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
                      Definisi Geografi
                      Ruang lingkup pengetahuan geografi
                      Objek studi dan aspek geografi
                      Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
                      Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
                      Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
                      Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
                      Pendekatan Penelitian Geografi
                      Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
                      Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
                      Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan
                      Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
                      Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
                      Pembagian kelompok belajar
                    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
 pada topic
                      Pendekatan Penelitian Geografi
                      Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
dengan cara :
                      Melihat (tanpa atau dengan alat) Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
                      Lokasi absolute
 
 
                      Mengamati Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
                      Pendekatan Penelitian Geografi
                      Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
                      Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), (Literasi)
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
                      Pendekatan Penelitian Geografi
                      Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
                      Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
                      Pendekatan Penelitian Geografi
                      Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
                      Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
                      Pendekatan Penelitian Geografi
                      Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar  Berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan sikap jujur , disiplin, serta tanggung jawab dan kerja sama yang tingi (Karakter)
contohnya :
                      Mengajukan pertanyaan tentang :
                      Pendekatan Penelitian Geografi
                      Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi (Berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan  rasa ingin tahu, tanggung jawab  dan pantang menyerah (Karakter),literasi (membaca) yang dapat mendukung jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, baik dari buku paket maupun sumber lain seperti internet; melalui kegiatan:
                      Mengamati obyek/kejadian,
                       
                      Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
                      Pendekatan Penelitian Geografi
                      Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
                      Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
                      Konsep esensial ilmu geografi mencakup konsep lokasi, jarak, keterjangkauan, morfologi, aglomerasi, nilai kegunaan, pola, deferensiasi areal, interaksi, dan keterkaitan keruangan.
                      Aktivitas (Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C)
                      Peserta didik diminta mencari berita dari berbagai media massa tentang  contoh-contoh peristiwa yang ada kaitannya dengan pendekatan ilmu geografi. Buatlah kliping dari kumpulan berita yang telah Anda dapatkan tersebut.
                      Peserta didik diminta membuat sebuah karangan singkat tentang aglomerasi/pemusatan penduduk dengan tema (pilih salah satu):Permukiman kumuh dan Perumahan elit
                      Coba perhatikan di daerah tempat tinggal Anda, carilah bentuk-bentuk aglomerasi yang ada, Deskripsikan dengan sudut pandang objek formal geografi. Serahkan hasilnya kepada bapak/ibu guru untuk dinilai.
                      Mempraktikan
                      Mendiskusikan Berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan  rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter)
                      Saling tukar informasi tentang  :
                      Pendekatan Penelitian Geografi
                      Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
                      Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
                      Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang:
                      Pendekatan Penelitian Geografi
                      Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
                      Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
                      Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
                      Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
                      Pendekatan Penelitian Geografi
                      Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
                      Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
                      Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
                    Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
                      Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
                      Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
                      Pendekatan Penelitian Geografi
                      Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
                      Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
                      Pendekatan Penelitian Geografi
                    Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya
105
Menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
                      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
                      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
                      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
                      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
                      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
                      Mengagendakan pekerjaan rumah.
                      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
                    Memberi salam
15
Menit

H.Penilaian
1
Teknik Penilaian


A
Penilaian Sikap
:
Observasi

B
Penilaian Pengetahuan
:
Tes tertulis

C
Penilaian Keterampilan
:
Proyek,unjuk kerja,portopolio
2
Bentuk Penilaian


A
Observasi
:


B
Tes Tertulis
:


C
Unjuk Kerja
:


D
Proyek
:


E
Produk
:


F
Lainnya
:

3
Instrumen Penilaian
:
Terlampir
4
Alat Penilaian
:
Terlampir


Mengetahui
Kepala SMA N 1 JATENG






Salatiga,                      2018.
Guru Mata Pelajaran  Geografi











Tidak ada komentar:

Posting Komentar