RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
(RPP)
Nama
Sekolah : SMA ......
Mata
Pelajaran : GEOGRAFI
Kelas/Semester : X / 2
Materi
Pokok :
DINAMIKA LITOSFER DAN DAMPAK TERHADAP KEHIDUPAN
Alokasi
Waktu : 3 JP
A. Kompetensi Inti:
KI
1: Sikap spiritual
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
KI
2: Sikap sosial
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,
dan proaktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3: Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI
4: Keterampilan
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.5.
Menganalisis
dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
|
3.5.2. Proses tektonisme dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
(disesuaikan dengan yg tercantum di format
analisis kompetensi)
|
4.5.
Menyajikan
proses dinamika litosfer dengan menggunakan peta, bagan, gambar, tabel,
grafik, video, dan/atau animasi
|
4.5.1. Mengamati gambar, peta, foto, dan/atau menyaksikan tayangan video
tentang dinamika litosfer dan dampaknya
terhadap kehidupan
4.5.2. Mendiskusikan dan membuat laporan tentang
dinamika litosfer dan dampaknya
terhadap kehidupan
4.5.3. Mengenali masalah dan mengajukan solusi tentang dampak dinamika
litosfer terhadap kehidupan dilengkapi peta, gambar, tabel, grafik, video,
dan/atau animasi
|
C.
Tujuan Pembelajaran.
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model
pembelajaran problem based learning, peserta didik dapat Menganalisis
dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan, dan dapat Menyajikan proses dinamika litosfer dengan menggunakan
peta, bagan, gambar, tabel, grafik, video, dan/atau animasi, dengan mengembangkan
sikap religius, penuh tanggung jawab, bekerja keras, serta dapat mengembangkan
kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi.
D. Materi Ajar
Proses tektonisme dan
pengaruhnya terhadap kehidupan.
E.
Metode Pembelajaran
a.
Pendekatan : Saintifik
b.
Metode :Diskusi,Tanya Jawab, Presentasi dan Penugasan
c.
Model : Problem Based Learning
1.
Alat dan Bahan :
§ Laptop
§ LCD Projektor
2.
Sumber Belajar
·
Yasinto Sindhu P, Geografi untuk SMA/ MA Kelas X Kurikulum 2013, Penerbit
PT.Erlangga,
Jakarta, 2016
·
Wikipedia.
·
Internet
·
UKBM Proses
tektonisme dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
·
Lingkungan Sekitar
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Mengawali pembelajaran
dengan berdoa, memberi salam
·
Memotivasi siswa dengan agar situasi
pembelajaran dalam keadaan kondusif
·
Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk
memulai proses KBM (kerapian, kebersihan ruang kelas, menyediakan media dan alat serta buku yang diperlukan)
·
Memantau kehadiran dengan mengabsen peserta
didik
·
Apersepsi dengan menampilkan gambar/ video yang
berkaitan dengan geografi untuk memotivasi, peserta didik diminta untuk memberikan
tanggapan.
·
Menginformasikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
|
20 Menit
|
Inti
|
·
Peserta didik melalui kelompok mempresentasikan
akibat dinamika tektonisme terhadap hubungan manusia dan lingkungan.
·
Peserta didik diberi kesempatan untuk
memberikan tanggapan tentang
presentasi akibat dinamika tektonisme terhadap hubungan manusia dan
lingkungan.
·
Peserta didik mengajukan pertanyaan berkaitan
dengan presentasi kelompok yang maju dalam diskusi kelas.
·
Setiap kelompok yang diberikan tugas untuk
menganalisa permasalahan yang didiskusikan.
·
Peserta didik dipacu untuk /membuat pertanyaan
·
Peserta didik yang maju presentasi diskusi
dipacu untuk menjawab pertanyaan peserta didik yang bertanya dalam diskusi
kelas.
·
Masing-masing kelompok melaporkan/hasil diskusi
kelas.
·
Guru memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan
·
Guru memberi keterangan
untuk mengoreksi hasil diskusi
|
95 menit
|
Penutup
|
· Peserta didik membuat rangkuman
materi pelajaran
· Guru melakukan penjajagan hasil belajar peserta didik dengan melakukan tanya jawab materi yang
telah diberikan( post tes)
· Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dengan
memberikan tugas mandiri terstruktur
· Menutup pelajaran dengan salam
|
20 menit
|
H. Penilaian, pembelajaran
remidi, dan pengayaan
1.
Tehnik Penilaian
A.
Penilaian Sikap : Observasi/Pengamatan
B.
Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
C.
Penilaian
Ketrampilan : Unjuk
kerja/Praktek, Proyek, Presentasi
2.
Bentuk Penilaian
A.
Observasi : Lembar Pengamatan
aktifitas peserta didik
B.
Tes Tertulis : Pilihan ganda, uraian
C.
Unjuk kerja : Lembar Penilaian Presentasi
D.
Proyek : Lembar tugas proyek
dan pedoman penilaian
3.
Instrumen
Penilaian : (terlampir)
4.
Alat Penilaian : (Soal terlampir)
Mengetahui,
W, Juli
2018
Kepala
Sekolah Guru
Mapel
LAMPIRAN :
1)
Lembar/Jurnal
Observasi Sikap
2)
Rubrik, Instrumen
Penilaian, Evaluasi
3)
UKBM
LEMBAR PENGAMATAN/ JURNAL OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK 2
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Dasar :
3.5.1. Menganalisis hubungan antara manusia dengan
lingkungan sebagai akibat dari dinamika
litosfer
4.5.1. Menyajikan hasil analisis hubungan antara manusia
dengan lingkungannya sebagai pengaruhdinamika litosfer dalam bentuk narasi,
tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep.
MateriPokok :
Tektonisme
Hari / tanggal pengamatan :
·
Penilaian dilakukan selama kegiatan diskusi
·
Penilaian ini digunakan untuk mengetahui tingkat
aktivitas peserta didik
·
Aspek yang dinilai:
1).
Tanggung jawab
2).
Kerja sama
3).
Keberanian mengajukan pertanyaan
4).
Kemampuan menyampaikan informasi/ menjawab pertanyaan
5).
Menghargai pendapat orang lain
·
Keterangan Skor dan Katagori skor :
Skor
1 = sangat kurang Jumlah
skor 1- 5 katagori tidak aktif
Skor
2= kurang Jumlah
skor 5-10 katagori kurang aktif
Skor
3= cukup Jumlah
Skor11-15 katagori cukup aktif
Skor
4= baik Jumlah
skor 16-20 katagori aktif
Skor
5 = baik sekali Jumlah
skor 21 -25 katagori sangat aktif
Berilah
skor untuk setiap aspek!
NO
|
NAMA PESERTA DIDIK
|
ASPEK PENILAIAN
|
JUMLAH SKOR
|
KATAGORI
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RERATA SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TUGAS
MANDIRI TERSTRUKTUR 2
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas /Semester : X / 2
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
3.4
Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat
dari dinamika litosfer.
4.4. Menyajikan
hasil analisis hubungan antara manusia dengan lingkungannya sebagai pengaruh
dinamika litosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar
ilustrasi, dan atau peta konsep.
|
Menguraikan
Tenaga Endogen/
(Tek
tonisme)
|
Peserta didik mencari di
internet tentang psroses terjadinya
Patahan
dan lipatan beserta macam-macam patahan dan lipatan beserta gambar patahan
dan lipatan
|
Dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang
|
Tugas
terstruktur
individu
|
INSTRUMEN TUGAS MANDIRI TERSTRUKTUR
·
Kompetensi Dasar :
3.5. Menganalisis hubungan antara manusia dengan
lingkungan sebagai akibat dari dinamikalitosfer.
a.
Menyajikan hasil
analisis hubungan antara manusia dengan lingkungannya sebagai pengaruh dinamika
litosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau
peta konsep.
·
Indikator Pencapaian
kompetensi : Menguraikan litosfer
·
Jenis tugas : Individu
·
Tanggal Pemberian tugas : ......
·
Waktu Pelaksanan :
satu minggu
·
Batas Waktu Pengumpulan : pertemuan minggu depan
·
Deskripsi tugas:
1. Bentuk tugas :
Membuat deskripsi tentang
proses terjadinya patahan dan lipatan dan macam-macam patahana dan lipatan
beserta gambar patahan dan lipatan
2. Tempat :
Di lingkungan tempat tinggal
3. Waktu : di luar jam pelajaran
4. Target : Mendalami proses
terjadinya patahan dan lipatan
5. Bentuk laporan : uraian
6. Rubrik
Penilaian
NO
|
INDIKATOR
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Keterangan
|
4.
|
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
5.
|
Isi
menunjukkan maksud dari apa yang
diminta
|
|
|
|
3
|
Kemampuan menjabarkan alasan
|
|
|
|
4
|
Penutup
memberikan kesimpulan akhir
|
|
|
|
5
|
Kerapian
tulisan
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
KETERANGAN
NILAI KUALITATIF
|
NILAI KUANTITATIF
|
||
Sangat
baik
|
4
|
>91
|
|
Baik
|
3
|
86 – 90
|
|
Cukup
|
2
|
80 - 85
|
|
Kurang
|
1
|
< 80
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar