Selasa, 16 Oktober 2018

RPP DINAMIKA ATMOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN K13


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


                                                  Sekolah               : SMA
                                                  Mata Pelajaran   : Geografi
                                                  Kelas/Semester  : X/Genap
                                                  Materi Pokok     : Dinamika Atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
                                                  Alokasi Waktu   : 2 (Pertemuan)

A.    Kmpetensi Inti
·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.6.   Menganalisis dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
·     Mengamati dinamika atmosfier dan dampaknya terhadap kehidupan melalui berbagai sumber/media
·     Mendefinisikan tentang dinamika atmosfier dan dampaknya terhadap kehidupan
·     Mengidentifikasikan tentang karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi
·     Mengidentifikasi terjadinya perubahan iklim global
·     Mendeskripsikan tentang karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi
·     Mengklasifikasikan tentang pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca
·     Mengklasifikasikan berbagai tipe iklim
·     Menemukan data dan informasi tentang pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca
·     Menunjukkan persebaran iklim di dunia
·     Menunjukkan persebaran iklim dunia
·     Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang klasifikasi tipe iklim dan pola iklim global
·     Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang klasifikasi tipe iklim dan pola iklim global
·     Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang karakteristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas manusia
·     Menganalisis dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim
·     Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang pengaruh perubahan iklim global terhadap kehidupan
·     Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang lembaga-lembaga yang menyediakan dan memanfaatkan data cuaca dan iklim di Indonesia
·     Melakukan kunjungan ke stasiun meteorologi yang ada di lingkungan sekitar
·     Berdiskusi tentang dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
·     Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
·     Menjelaskan ciri-ciri lapisan atmosfer dan pemanfaatannya
·     Menjelaskan informasi tentang persebaran curah hujan di Indonesia
4.6.   Menyajikan proses dinamika atmosfer menggunakan peta, bagan, gambar, tabel, grafik, video, dan/atau animasi
·     Memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
·     Membuat tulisan yang dilengkapi/dibantu dengan gambar, ilustrasi, animasi, atau membuat audio visual tentang dinamika atmosfer. Forum untuk menyampaikan gagasan dapat menggunakan forum diskusi atau diunggah di internet, dan lain-lain
·     Membuat artikel tentang keunikan dinamika atmosfer lalu dilombakan antar siswa dengan penghargaan tertentu dari guru.
·     Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
·     Menyampaikan laporan hasil diskusi tentang dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dilengkapi peta, gambar, tabel, grafik, video, dan/atau animasi
·     Praktik membuat peta persebaran curah hujan di propinsi setempat

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.          Menemukan data dan informasi tentang pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca
2.          Mengklasifikasikan pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca
3.          Memahami karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi
4.          Memahami dinamika atmosfier dan dampaknya terhadap kehidupaN
5.          Memahami terjadinya perubahan iklim global
6.          Mengklasifikasikan berbagai tipe iklim
7.          Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang klasifikasi tipe iklim dan pola iklim global
8.          Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang klasifikasi tipe iklim dan pola iklim global
9.          Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang karakteristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas manusia
10.      Menganalisis dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim
11.      Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang pengaruh perubahan iklim global terhadap kehidupan
12.      Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang lembaga-lembaga yang menyediakan dan memanfaatkan data cuaca dan iklim di Indonesia
13.      Membuat dan menyajikan laporan hasil diskusi tentang dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dilengkapi peta, gambar, tabel, grafik, video, dan/atau animasi
14.      Membuat peta persebaran curah hujan di propinsi setempat

D.    Materi Pembelajaran
1.    Fakta:
-   Atmosfer
-   Unsur-unsur cuaca
-   Unsur-unsur iklim
-   Hujan
-   Vegetasi

2.    Konsep:
-   Lapisan atmosfer
-   Cuaca
-   Iklim
-   Curah hujan
-   Iklim global

3.    Prinsip:
-   Ciri-ciri lapisan atmosfer
-   Dinamika unsur cuaca dan iklim
-   Klasifikasi iklim
-   Persebaran curah hujan
-   Jenis vegetasi menurut iklim

4.    Prosedur:
Pemanfaatan lapisan atmosferurah hujan
Persebaran curah hujan di Indonesia
-        Lapisan atmosfer
-  Ciri-Ciri Lapisan Atmosfer
-        Cuaca dan iklim
-  Unsur-Unsur Cuaca Dan Iklim
-        Klasifikasi tipe Iklim
-  Klasifikasi iklim
-  Persebaran curah hujan
-        Ciri iklim di Indonesia
-  Jenis Vegetasi menurut Iklim
-  Perubahan Iklim Global
-        Dampak perubahan iklim global
-        Research tentang iklim dan pemanfatannya

E.    Metode Pembelajaran
1)  Pendekatan                              : Saintifik
2)  Model Pembelajaran              : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3)  Metode                                      : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

F.    MediaPembelajaran
Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.

Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.

G.   Sumber Belajar
Ø Buku Geografi Siswa Kelas X, Kemendikbud, tahun 2013
Ø Pengalaman peserta didik dan guru

H.   Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1 (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi
Pemberian contoh-contoh materi Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi
Mendengar

Pemberian materi Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
 
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :

Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi


dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi :

Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi


Mengolah informasi dari materi Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi


Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi  Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi


Menjawab pertanyaan tentang materi  Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
2.
Pertemuan Ke-2 (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca
Pemberian contoh-contoh materi Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca
Mendengar

Pemberian materi Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
 
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :

Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca


dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi :

Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca


Mengolah informasi dari materi Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca


Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi  Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca


Menjawab pertanyaan tentang materi  Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
1.       Teknik Penilaian (terlampir)
a.     Sikap
-        Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Soenarto
75
75
50
75
275
68,75
C
2

...
...
...
...
...
...
...


Keterangan :
    BS : Bekerja Sama
    JJ : Jujur
    TJ : Tanggun Jawab
    DS : Disiplin

Catatan :
1.  Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100     = Sangat Baik
75        = Baik
50        = Cukup
25        = Kurang
2.  Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3.  Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00         = Baik (B)
25,01 – 50,00         = Cukup (C)
00,00 –  25,00        = Kurang (K)
5.  Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

-        Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

50
3
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100


Catatan :
1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00         = Baik (B)
25,01 – 50,00         = Cukup (C)
00,00 –  25,00        = Kurang (K)
5.  Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

-        Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :

Nama yang diamati       : ...
Pengamat                         : ...

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau menerima pendapat teman.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

100
4
Marah saat diberi kritik.
100

5
...

50

Catatan :
1.  Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2.  Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3.  Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4.  Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00       = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00         = Baik (B)
25,01 – 50,00         = Cukup (C)
00,00 –  25,00        = Kurang (K)

-        Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)

                                                                                                                                    W.........................,.........

Mengetahui
Kepala SMA                                                                             Guru Mata Pelajaran Geografi




                                ...........................                                                                        .....................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar