RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA N 1 JATENG
Mata Pelajaran : GEOGRAFI
Kelas/Semester :
X / I ( SATU )
Materi Pokok :
DASAR –DASAR PEMETAAN
Alokasi Waktu : 5 X 45 MENIT
A. Kompetensi Inti:
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1. Memahami dasar-dasar pemetaan,
pengindraan jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
3.1.1. Mengidentifikasi dasar-dasar pemetaan,
pengindraan jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
3.1.2. Menjelaskan dasar-dasar pemetaan, pengindraan
jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
3.1.3. Membedakan
dasar-dasar pemetaan, pengindraan jauh, dan
Sistem Informasi Geografis (SIG)
3.1.4 Mencontohkan dasar-dasar pemetaan, pengindraan jauh, dan Sistem
Informasi Geografis (SIG)
|
4.1.
Membuat peta tematik
wilayah provinsi dan/atau salah satu pulau di Indonesia berdasarkan peta rupa
bumi
|
4.1.1. Mengasosiasi
peta tematik wilayah provinsi dan/atau salah
satu pulau di Indonesia berdasarkan peta rupa bumi.
4.1.2.
Membuat peta tematik wilayah provinsi dan/atau salah
satu pulau di Indonesia berdasarkan peta rupa bumi
|
C.
Tujuan Pembelajaran.
Melalui
pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery peserta didik dapat memahami dasar-dasar pemetaan,
penginderaan jauh dan sistem informasi geografi dan siswa dapat menyajikan data
berupa peta tematik di wilayah tertentu, dengan mengembangkan sikap religius,
penuh tanggung jawab, bekerja keras, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi (4C).
D. Materi Ajar
1) Pengertian Peta menurut ICA
2) Klasifikasi peta berdasarkan isi dan
skala
3) 13 unsur kelengkapan peta ( Judul,
garis tepi,inset,garis astronomis,skala, tahun pembuatan, sumber pembuatan
peta, arah mata angin, simbol, warna, legenda, lettering, proyeksi peta )
E.
Metode Pembelajaran
a.
Pendekatan : Saintifik
b.
Metode : Diskusi,Tanya Jawab, Presentasi dan Penugasan
c.
Model : Discovery
Learning
1.
Alat dan Bahan :
§ Laptop
§ LCD Projektor
§ Peta Tematik dan Peta Digital
§ Globe
§ Atlas
2.
Sumber Belajar
§ UKBM Geografi kelas X
§ Internet
§ Microsoft Encarta 2009
§ Yasinto Sindhu P, 2016. Geografi kelas X.Jakarta :
Erlangga
§ Iwan Gatot Sulistyanto, 2009. Geografi Kelas X.Jakarta :
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
§ Eko Sapto dkk, 2014. Geografi Peminatan ilmu-ilmu IPS
kelas X. Surakarta : Mediatama
§ Pabundu Tika, 2013, Geografi kelas X, Jakarta : Bailmu
§ Lingkungan Sekitar
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 1 x 45 menit )
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Kegiatan harian disekolah dimulai dari pukul 04.15 WIB
dengan ibadah berjamaah bagi muslim di masjid dan non islam di masing-masing
graha / asrama. Setiap hari apel pagi
dimulai pukul 06.15 WIB dengan apel makan pagi dan dilanjutkan makan serta
apel di depan kelas 06.45 WIB. Upacara
bendera senin, apel wali kelas dan wali graha setiap Rabu, apel bersama
setiap hari kamis dan apel Corps setiap hari sabtu.
|
10 menit
|
Inti
|
Guru mengarahkan peserta
didik untuk melakukan aktivitas sesuai dengan skenario yang sudah dijelaskan
di awal dengan Discovery learning with chart presentation
|
25 menit
|
Penutup
|
|
10 menit
|
Pertemuan kedua
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Kegiatan harian disekolah dimulai dari pukul 04.15 WIB
dengan ibadah berjamaah bagi muslim di masjid dan non islam di masing-masing
graha / asrama. Setiap hari apel pagi
dimulai pukul 06.15 WIB dengan apel makan pagi dan dilanjutkan makan serta
apel di depan kelas 06.45 WIB. Upacara
bendera senin, apel wali kelas dan wali graha setiap Rabu, apel bersama
setiap hari kamis dan apel Corps setiap hari sabtu. Olah raga pagi setiap
hari selasa, rabu, jumat dan sabtu lari keliling kampus +/- 2 Km.
|
15 menit
|
Inti
|
Guru mengarahkan peserta
didik untuk melakukan aktivitas sesuai dengan skenario yang sudah dijelaskan
di awal dengan Discovery learning with chart presentation
|
60 menit
|
Penutup
|
|
15 menit
|
Pertemuan ketiga
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Kegiatan harian disekolah dimulai dari pukul 04.15 WIB
dengan ibadah berjamaah bagi muslim di masjid dan non islam di masing-masing
graha / asrama. Setiap hari apel pagi
dimulai pukul 06.15 WIB dengan apel makan pagi dan dilanjutkan makan serta
apel di depan kelas 06.45 WIB. Upacara
bendera senin, apel wali kelas dan wali graha setiap Rabu, apel bersama
setiap hari kamis dan apel Corps setiap hari sabtu. Olah raga pagi setiap
hari selasa, rabu, jumat dan sabtu lari keliling kampus +/- 2 Km.
|
15 menit
|
Inti
|
Guru mengarahkan peserta
didik untuk melakukan aktivitas sesuai dengan skenario yang sudah dijelaskan
di awal dengan Discovery learning with chart presentation
|
60 menit
|
Penutup
|
|
15 menit
|
H. Penilaian,
pembelajaran remidi, dan pengayaan
1.
Tehnik Penilaian
A.
Penilaian Sikap : Observasi/Pengamatan
B.
Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
C.
Penilaian
Ketrampilan : Unjuk
kerja/Praktek, Proyek, Presentasi
2.
Bentuk Penilaian
A.
Observasi : Lembar Pengamatan
aktifitas peserta didik
B.
Tes Tertulis : Pilihan ganda, uraian
C.
Unjuk kerja : Lembar Penilaian Presentasi
D.
Proyek : Lembar tugas proyek
dan pedoman penilaian
3.
Instrumen
Penilaian : (terlampir)
4.
Alat Penilaian : (Soal terlampir)
Mengetahui, .................,
....................
Kepala Sekolah Guru
Mapel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar