Jumat, 19 Oktober 2018

Lembaga Jasa Keuangan Perbankan RPP K13


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                  : SMA .................
Mata Pelajaran                 : EKONOMI
Kelas/Semester                : X
Materi Pokok                    : Lembaga jasa keuangan Perbankan
Alokasi Waktu                  : 3 x pertemuan


A.       Kompetensi Inti:

KI 1:          Kompetensi Sikap Spiritual ditumbuhkembangkan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik, yaitu berkaitan dengan kemampuan menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:          Sedangkan pada Kompetensi Sikap Sosial berkaitan dengan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, responsive (kritis), pro-aktif  (kreatif) dan percaya diri, serta dapat berkomunikasi dengan baik.
KI 3:          Kompetensi Pengetahuan, yaitu memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4:          Kompetensi Keterampilan, yaitu Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

3.1. . Mendeskripsikan bank, sentral, system  pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia
3.1.1. Menjelaskan pengertian bank sentral
3.1.2. Menjelaskan tujuan, fungsi, tugas    dan wewenang Bank Sentral Republik Indonesia
3.1.3. Menjelaskan pengertian sistem pembayaran
3.1.4.Mendeskripsikan Peran Bank Sentral Republik Indonesia dalam sistem pembayaran
3.1.5.  Menganalisis Penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Sentral Republik Indonesia
3.1.6  Menjelaskan Sejarah uang
3.1.7  Menjelaskan Pengertian uang
3.1.8  Mendeskripsikan Fungsi, jenis, dan syarat uang
3.1.9  Menganalisis Pengelolaan uang rupiah oleh Bank Sentral Republik Indonesia
3.1.10  Mendeskripsikan Unsur pengaman uang rupiah
3.1.11  Menganalisis Pengelolaan keuangan
3.1.12  Menjelaskan Pengertian alat pembayaran nontunai
3.1.13  Mendeskripsikan Jenis-jenis alat pembayaran nontunai

4.1. Menyajikan peran Bank sentral, system pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian
4.1.1. Mempresentasikan tentang bank sentral, system pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia
4.1.2   Menganalisis peran bank sentral



C.        Tujuan Pembelajaran.

Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dipadukan dengan metode mind mapping dan teknik ATM yang menuntut peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, peserta didik dapat menjelaskan pengertian bank sentral, tujuan, fungsi, dan tugas wewenang Bank Sentral Indonesia, dan sistem pembayaran. Selain itu, peserta didik dapat menganalisis penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Sentral Republik Indonesia, dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D.       Materi Ajar
1)    Bank Sentral
a.    Pengertian bank sentral
b.    Tujuan, fungsi, tugas dan wewenang Bank Sentral Republik Indonesia
2)    Sistem Pembayaran
a.    Pengertian sistem pembayaran
b.    Peran Bank Sentral Republik Indonesia dalam sistem pembayaran
c.    Penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Sentral Republik Indonesia
3)    Alat Pembayaran Tunai (uang)
a.    Sejarah uang
b.    Pengertian uang
c.    Fungsi, jenis, dan syarat uang
d.    Pengelolaan uang rupiah oleh Bank Sentral Republik Indonesia
e.    Unsur pengaman uang rupiah
f.     Pengelolaan keuangan
4)    Alat Pembayaran Nontunai
a.    Pengertian alat pembayaran nontunai
b.    Jenis-jenis alat pembayaran nontunai

E.        Metode Pembelajaran
a.      Pendekatan       : Saintifik
b.    Metode             : Diskusi,Tanya Jawab, pengamatan, mind mapping, teknik ATM (Amati, Tiru   dan Modifikasi), diskusi kelompok,presentasi,dan penugasan
c.       Model              : Discovery Learning

1.    Alat dan Bahan :
§  Laptop
§  LCD Projektor
2.    Sumber Belajar
§  UKBM Bank Sentral dan Sistem Pembayaran
§  Internet
§  BTP Buku-buku yang relevan :
§  - Alam S, 2013.Ekonomi. Jakarta.Esis
§  -Erick Wicaksono, Endang Mulyadi.Ekonomi SMA klas x.Yudhistira
§  -Wahyu Adji,Suwerli,Suratno,Ekonomi Jilid 1 untuk SMA/MA kelas x,Penerbit Erlangga
§  -Endang Mulayani 1 Ekonomi untuk kelas x SMA/MA Kelompok Peminatan Ilmu-ilmu sosial,Platinum
§  Lingkungan Sekitar

G.       Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan Pertama
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.    Memberi salam,menerima laporan siswa , berdoa’  membaca literasi, dan mengabsen kehadiran siswa
2.    Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan seraya mengecek kehadiran peserta didik ;
3.    Mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya  . Melalui tanya jawab membahas kembali tentang harga keseimbangan dan struktur pasar (materi sebelumnya)
4.    Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia;
5.    Menyampaikan garis besar cakupan materi bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia, dan kegiatan yang akan dilakukan;
6.    Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia.
7.    Membagi peserta didik menjadi 6 Kelompok (dengan setiap anggota kelompok berjumlah 5 - 6 orang).



        15
Inti
Stimulation (Memberi Stimulus)
Mengamati permasalahan dalam bentuk video yang disajikan berkaitan dengan bank sentral, https://www.youtube.com/watch?v=FBlkPO7xev0 Berdasarkan video tersebut, melihat dari segi ekonomi makro, apa yang menjadi acuan bagi investor untuk menanamkan modalnya,selanjutnya dari permasalahan yang terjadi simpulkanlah apa sebenarnya fungsi dari bank sentral,  mengapa demikian?
Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
Permasalahan
Masih dari mengamati video diatas.
          Bank sentral sedang berada dalam situasi yang dilematis, karena terbebani oleh 2 pilihan yang dirasa sama pentingnya, yaitu apakah harus menurunkan suku bunga bank dengan tujuan mendongkrak minat masyarakat untuk kredit di bank, ataukah Bank sentral justru harus memilih menaikkan suku bunga bank untuk menarik minat para investor asing. Menurut anda, dari dua pilihan tersebut manakah yang harus bank sentral pilih, mengapa?
 Ketentuan:
1.    Diskusikan dengan kelompok
2.    Menyiapkan media
3.    Dibebaskan mencari reverensi apa saja, termasuk dari internet
4.    Hasilnya dipresentasikan didepan kelas
5.    Penilaian diambil dari individu dan kelompok
6.    Nilai tambah bagi yang bertanya, menambahi, menyanggah, termasuk menjawab pertanyaan

60
Penutup

1.    Memfasilitasi dalam merumuskan kesimpulan tentang bank sentral yang menyangkut dengan tujuan peran d dan fungsi bank sentral

2.    Meminta beberapa peserta didik untuk mengungkapkan manfaat mengetahui konsep bank sentral,(pengertian,tujuan, peran dan fungsi bank sentral ) dalam kehidupan sehari-hari maupun permasalahan ekonomi.

3.    Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya yakni tentang sistem dan alat pembayaran selanjutnya mempersiapkan diri menghadapi tes/ evaluasi akhir di pertemuan berikutnya (kegiatan ini dilakukan di pertemuan ke-1).

4.    Melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian indikator (kegiatan ini dilakukan di pertemuan ke-2).

5.    Memberi salam.




Pertemuan ke dua
KEGIATAN
                            DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.      Memberi salam,menerima laporan siswa, berdoa’, dan mengabsen
2.      Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan dan mengecek kehadiran peserta didik;
3.      Membahas PR;
4.      Mengingatkan kembali tentang materi yang telah dibahas dipertemuan sebelumnya yaitu tentang bank sentral, system pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia;
5.      Menyampaikan garis besar cakupan materi bank sentral, system pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia


15 menit
Inti
Stimulation
1.      Bersama dengan kelompoknya, peserta didik mencari berbagai informasi baik dari buku paket atau buku referensi lain yang relevan serta sumber internet dan menjelaskan : mengapa Pemerintah Indonesia tidak mencetak uang sebanyak-banyaknya untuk menuntaskan kemiskinan dan mengapa mata uang setiap negara nilainya berbeda-beda!

Buatlah kesimpulan dari jawabanmu terhadap kedua permasalahan di atas dan konsep apa yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut? Jelaskan!

Kemudian buatlah contoh permasalahan baru yang identik dengan permasalahan yang telah di diskusikan!
2.      Mengamati rancangan mind mapping seperti yang disajikan oleh guru sebagai alur penyelesaian dari permasalahan yang disajikan.

3.    Problem Statement
  1. Mendiskusikan rencana penyelesaian permasalahan yang akan disajikan dalam bentuk mind mapping;


60 menit
Penutup
Penutup (30 menit)
1.      Memfasilitasi dalam membuat kesimpulan tentang alat pembayaran tunai (uang), dan penerapannya dalam permasalahan kontekstual dari pembelajaran yang dilakukan melalui review indikator yang hendak dicapai pada hari itu.
2.      Beberapa peserta didik mengungkapkan manfaat mengetahui konsep alat pembayaran tunai (uang).
3.      Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya yakni tentang persiapan menghadapi tes/evaluasi akhir yang akan dilakukan pada pertemuan ke-3).
4.      Melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian indikator (dilakukan di pertemuan ke-3).
5.      Menerima laporan siswa, memberi salam
15 menit

Pertemuan ketiga
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.   Memberi salam,menerima laporan siswa berdoa’, dan mengabsen
2.   Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
3.   Membahas PR; 
4.   Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai dalam tes akhir, dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan Mendeskripsikan bank, sentral, system pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia
5.   Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan di evaluasi akhir untuk satu pokok bahasan tentang Mendeskripsikan bank, sentral, system pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia

        30
Inti
Melakukan evaluasi/ tes akhir (UH  bab 5) berkaitan dengan materi yang telah dipelajari yaitu tentang bank sentral, system pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia

60’
Penutup
1.   Bersama dengan guru membahas soal evaluasi, untuk melihat ketercapaian kompetensi berdasarkan materi yang telah dipelajari.
2.   Memberikan tugas kepada peserta didik, dan mengingatkan peserta didik untuk belajar kembali terutama bagi yang harus mengikuti pembelajaran remedial.
3.   Menerima laporan siswa dan memberi salam.

30

H.     Penilaian, pembelajaran remidi, dan pengayaan
1.    Tehnik Penilaian
A.    Penilaian Sikap                       : Observasi/Pengamatan
B.    Penilaian Pengetahuan           : Tes Tertulis
C.   Penilaian Ketrampilan             : Unjuk kerja/Praktek, Proyek, Presentasi
2.    Bentuk Penilaian
A.    Observasi                    : Lembar Pengamatan aktifitas peserta didik
B.    Tes Tertulis                 : Pilihan ganda, uraian
C.   Unjuk kerja                  : Lembar Penilaian Presentasi
D.   Proyek                                    : Lembar tugas proyek dan pedoman penilaian
3.    Instrumen Penilaian          : (terlampir)
4.    Alat Penilaian                    : (Soal terlampir)

5.    Remedial
-         Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
-         Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
-         Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
6.    Pengayaan
-         Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
Ø  Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Ø  Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.



Mengetahui,                                                                                     ..........,Juli 2018
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mapel



..............................                                                                  ........................





Tidak ada komentar:

Posting Komentar