RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Sekolah : SMA ....
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas
/ Semester : X / 1
Materi
pokok :
Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
Alokasi
Waktu : 12 x 45 menit (4 kali
pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1.
Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi
|
Pertemuan ke-1
3.1.1. Mendeskripsikan pengertian ilmu
ekonomi.
3.1.2. Mengklasifikasikan pembagian ilmu ekonomi.
3.1.3.
Mendeskripsikan peran dan
manfaat ilmu ekonomi.
Pertemuan ke-2
3.1.4.
Mengidentifikasi Pilihan
(kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas.
3.1.5.
Mengklasifikasikan Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan.
3.1.1.
Menjelaskan pengertian
kelangkaan
3.1.2.
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab kelangkaan
3.1.6.
Mendeskripsikan Biaya peluang (opportunity cost)
3.1.7.
Mendeskripsikan biaya peluang
3.1.8.
Menghitung besarnya biaya peluang
3.1.9.
Mendeskripsikan skala prioritas.
Pertemuan ke-3
3.1.7.
Mengidentifikasi kegiatan
ekonomi
3.1.8.
Mendeskripsikan
prinsip-prinsip ekonomi
3.1.9.
Menjelaskan pengertian prinsip ekonomi
3.1.10. Mengidentifikasi berbagai prinsip ekonomi
3.1.11. Menjelaskan
pengertian motif ekonomi
3.1.12. Mengidentifikasi motif seseorang bertindak ekonomi
3.1.13. Mengidentifikasi motif ekonomi
3.1.14. Mendeskripsikan politik ekonomi.
Pertemuan ke-4
3.1.15. Mendeskripsikan Konsep Ekonomi syariah.
3.1.11.1. Pengertian Ekonomi syariah.
3.1.11.2. Tujuan Ekonomi syariah.
3.1.11.3. Prinsip Ekonomi syariah.
3.1.11.1. Karakteristik
Ekonomi syariah
|
4.1. Mengidentifikasi
kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan
|
4.1.1.
Mempresentasikan hubungan antara konsep ekonomi melalui pengertian ekonomi, pembagian
ilmu ekonomi dan penerapan prinsip ekonomi
4.1.2.
Mempresentasikan hubungan antara konsep kelangkaan dengan biaya peluang dalam
memenuhi kebutuhan
|
C. TujuanPembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, peserta didik
dapat mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi dan
menyajikan permasalahan kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan serta cara
mengatasinya dengan mengembangkan sikap religiusitas, mandiri, penuh tanggung jawab, bekerja keras dan bekerja sama.
|
D. Materi Ajar
Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
Pertemuan ke 1
1.
Pengertian ilmu ekonomi.
2.
Pembagian ilmu ekonomi.
3.
Peran dan manfaat ilmu ekonomi.
Pertemuan ke 2
1.
Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan.
2.
Kelangkaan
3.
Biaya peluang (opportunity cost)
4.
Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas
Pertemuan ke 3
1.
Kegiatan ekonomi
2.
Prinsip-prinsip ekonomi
3.
Motif ekonomi
4.
Motif seseorang bertindak
ekonomi
5.
Politik ekonomi.
Pertemuan ke 4
1.
Konsep Ekonomi syariah.
1.1. Pengertian Ekonomi syariah.
1.2. Tujuan Ekonomi syariah.
1.3. Prinsip Ekonomi syariah.
1.4. Karakteristik Ekonomi syariah.
|
E. MetodePembelajaran
Pendekatan
|
:
|
Saintifik
|
MetodePembelajaran
|
:
|
PBL (Problem Based Learning)
|
Model Pembelajaran
|
:
|
Diskusi, tanya jawab dan penugasan
|
F. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat dan Bahan Belajar
|
|
|
Laptop dan LCD, Peta Konsep dan Power point
|
2. Sumber Belajar
|
|
|
a. Ismawanto, Inna Ratna Sari
Dewi. 2014. Ekonomi 1. Kelompok Peminatan Ilmu Sosial Kelas X.
Surakarta:CV Putra Kertonatan
b. Ismawanto. 2017. PanduanMateri Sukses Olimpiade Sains Ekonomi Jilid 1
(Makro dan Mikro). Jakarta: Bina Prestasi Insani.
c. Alam S. 2013. Ekonomi untuk SMA/MA kelas X. Penerbit Erlangga
d. Kinanti Geminastiti, 2016 Ekonomi (Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial) Untuk
siswa SMA/MA Kelas X.Bandung:Yrama Widya
e. Buku ekonomi lain yang relevan
dan ber-isbn, internet dan nara sumber
|
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (3 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru
dan peserta didik melaksanakan upacara di hari Senin. Selasa
Rabu
dan Kamis, setiap pagi do’a bersama
dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dipandu dari sentral, dilanjutkan
kegiatan literasi. Hari Jum’at melaksanakan Jum’at bersih, hijau, sehat dan religius
(berbasis budaya sekolah dan
penguatan pendidikan karakter)
·
Memberikan salam dan berdoa bersama (religiusitas)
·
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya (nasionalisme)
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan
·
Menyampaikan topik tentang Konsep Ilmu
Ekonomi. Namun sebelum mengkaji lebih lanjut tentang topik itu, secara khusus guru mengadakan sesi perkenalan. Di usahakan masing-masing peserta didik bisa tampil untuk memperkenalkan diri
(minimal sebut nama, alamat, cita-cita), terakhir guru memperkenalkan diri.
·
Guru memberikan motivasi dan bersyukur bisa bersekolah.
·
Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
|
30 menit
|
Inti
|
Berbasis kelas.
1.
Sebelum peserta didik mempelajari pengertian ilmu ekonomi, guru
dapat menunjukkan pendapat tentang ilmu ekonomi dari beberapa tokoh.
Guru dapat memulai
pelajaran dengan mengemukakan
tentang konsep ilmu ekonomi dari beberapa tokoh diantaranya :
Adam Smith
mengemukakan bahwa Ilmu ekonomi adalah ilmu yang
mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan
sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu.
Dalam Wikipedia Bahasa Indonesia,
dijelaskan bahwa Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial
yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi,
distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Istilah Ekonomi sendiri
berasal dari bahasa yunani yaitu oikos = keluarga atau rumah tangga, nomos =
peraturan atau hukum.
John Stuart Mill mengemukakan pengertian ilmu
ekonomi (1806-1873) karena ia seorang ekonom, filsuf, dan pejabat senior di
perusahaan East-India berkebangsaan Inggris. Bagi John Stuart Mill, ilmu ekonomi adalah praktik ilmiah
tentang pengeluaran dan penagihan keuangan.
Permendiknas
Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar
Isi, Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk
memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi, dan berkembang dengan sumber
daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan/atau distribusi.
Collins dalam Kamus Ekonomi,
dijelaskan bahwa Ekonomi merupakan
ilmu tentang pemakaian faktor-faktor produksi yang tersedia seefektif mungkin,
dalam memenuhi permintaan masyarakat yang tidak terbatas atas barang dan
jasa. Tujuan akhir kegiatan ekonomi adalah untuk memuaskan kebutuhan manusia
terhadap barang dan jasa.
Menurut Prof. P.A. Samuelson dalam bukunya yang berjudul Foundations
of Economic Analysis, mengemukakan bahwa Ilmu Ekonomi adalah suatu
studi mengenai bagaimana orang-orang
dan masyarakat membuat pilihan,
dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan
menggunakan sumber daya yang terbatas
tetapi dapat digunakan dalam berbagai
cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa
serta mendistribusikannya untuk
keperluan konsumsi sekarang dan dimasa mendatang,
kepada berbagai orang dan golongan
masyarakat.
2.
Peserta didik disajikan cerita tentang realitas kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat. Misalnya tentang kegiatan produksi, kegiatan
distribusi atau kegiatan konsumsi yang dilakukan sehari-hari, sehingga
peserta didik memiliki pengetahuan tentang ilmu ekonomi.
3.
Peserta didik kemudian diberikan gambaran bahwa ilmu ekonomi sangat penting bagi kehidupan manusia, sehingga
peserta didik dapat mengambil kesimpulan dari berbagai pendapat. Dan diberikan
penjelasan mengenai tujuan, manfaat ilmu ekonomi, masalah kelangkaan, serta
faktor penyebab kelangkaan. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah apa yang dimaksud dengan Ilmu Ekonomi jika dikaitkan dengan kegiatan manusia
sehari hari?
|
90 menit
|
Penutup
|
Berbasis masyarakat
1. Peserta didik dapat ditanya apakah sudah memahami
materi tersebut.
2. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal uji kompetensi di halaman enam untuk mengukur sejauh mana dapat mengerti apa yang dijelaskan oleh guru.
3. Peserta didik diminta untuk mengerjakan tugas
kelompok dan tugas mandiri yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi masyarakat.
4. Sebelum mengakhiri pelajaran,
peserta didik dapat ditanyakan tentang nilai-nilai atau manfaat
apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini. Dilanjutkan doa untuk mengakhiri pembelajaran
|
15 menit
|
Pertemuan 2 (3 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru
dan peserta didik melaksanakan upacara di hari Senin. Selasa
Rabu
dan Kamis, setiap pagi do’a bersama
dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dipandu dari sentral, dilanjutkan
kegiatan literasi. Hari Jum’at melaksanakan Jum’at bersih, hijau, sehat dan religius
(berbasis budaya sekolah dan
penguatan pendidikan karakter)
·
Memberikan salam dan berdoa bersama (religiusitas)
·
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya (nasionalisme)
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
·
Menyampaikan topik tentang pembagian ilmu eknomi, prinsip dan motif ekonomi. Pembahasan dapat dimulai dengan mengajukan pernyataan dan pertanyaan sebagai apersepsi.
·
Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
·
Peserta didik dibagi menjadi enam kelompok
(kelompok I, II, III, IV , V, danVI), dengan menggunakan waktu 30 menit untuk kegiatan diskusi.
|
20 menit
|
Inti
|
Guru mengarahkan peserta didik untuk melakukan aktivitas kelas sesuai
dengan model pembelajaran Problem Based Learning (berbasis
kelas)
1) Peserta didik berkumpul dikelompok masing-masing
2) Peserta didik ditugaskan:
a) kelompok I dan II mendiskusikan dan membuat rumusan tentang proses terjadinya
kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan pengertian kebutuhan dari buku
paket dan berbagai sumber atau literature diperpustakaan.
b) kelompok III dan IV mendiskusikan dan membuat rumusan tentang macam-macam kebutuhan dan skala prioritas
kebutuhan dari buku paket dan berbagai sumber atau literature
diperpustakaan
c) kelompok V dan VI mendiskusikan dan merumuskan tentang Macam-macam alat pemuas kebutuhan dan jenis kegunaan
barang dari buku paket dan berbagai sumber atau literature diperpustakaan.
3) Setelah kira-kira 45 menit diskusi kelompok diakhiri, guru kemudian meminta peserta didikmempresentasikan
hasil rumusan masing-masing sesuai masalah yang didiskusikan. Mengingat waktu yang terbatas dan ada dua kelompok yang mendiskusikan
masalah yang sama maka guru menunjuk hanya satu kelompok untuk setiap masalah. Misalnya ditunjuk kelompok I, III, danVI.
4) Pada saat satu kelompok presentasi,
kelompok lain dapat mengajukan pertanyaan, memberi masukan dan begitu seterusnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1)
Pembelajaran minggu
ke-2 ini ditutup dengan
memberikan komentar dan kesimpulan tentang materi yang baru saja didiskusikan.
2)
Guru menanyakan apakah peserta didik sudah memahami materi yang telah didiskusikan.
3)
Peserta didik diberikan pertanyaan
lisan secara acak untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran minggu ini, misalnya: Definisi kebutuhan,
Contoh kebutuhan, mengidentifikasi kelangkaan, jenis barang atau jasa dan
sebagainya.
4)
Peserta
didik diberi tugas untuk mencatat tentang kebutuhan masyarakat disekitar
tempat tinggal peserta didik (berbasis masyarakat)
5)
Guru mengajak berdoa semoga pembelajaran hari ini
bermanfaat untuk kita semua.
|
15 menit
|
Pertemuan 3 (3 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru
dan peserta didik melaksanakan upacara di hari Senin. Selasa
Rabu
dan Kamis, setiap pagi do’a bersama
dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dipandu dari sentral, dilanjutkan
kegiatan literasi. Hari Jum’at melaksanakan Jum’at bersih, hijau, sehat dan religius
(berbasis budaya sekolah dan
penguatan pendidikan karakter)
·
Memberikan salam dan berdoa bersama (religiusitas)
·
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya (nasionalisme)
·
Kelas dipersiapkan agar lebih kondusif untuk proses
belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, berdoa, presensi (absensi, kebersihan
kelas, menyiapkan media dan alat serta
buku yang
diperlukan).
·
Peserta didik disinggung tentang materi
minggu lalu yaitu kebutuhan, skala prioritas dan alat
pemuas kebutuhan manusia kemudian menghubungkannya dengan kondisi kehidpan
sehari-hari.
·
Peserta didik ditegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
·
Peserta didikdi bagi menjadi
enam kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, danVI) dan
diberikan waktu untuk diskusi 30 menit.
|
20 menit
|
Inti
|
1)
Sebelum peserta didik mempelajari inti
masalah ekonomi/kelangkaan, peserta didik dapat diberikan apersepsi dengan menanyakan tentang perbedaan kebutuhan dengan
keinginan dan cara pemenuhan kebutuhan yang mereka ketahui.
2)
Kelompok I, dan IV ditugaskan untuk melakukan kajian tentang pengertian biaya peluang, menghitung biaya peluang dan
mendeskripsikan biaya peluang melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
3)
Kelompok II, V ditugaskan untuk melakukan kajian tentang Pengertian prinsip ekonomi dan mengidentifikasi berbagai prinsip ekonomi
baik produsen maupun konsumen melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
4)
Kelompok III,VI ditugaskan untuk melakukan kajian tentang pengertian motif ekonomi dan mengidentifikasi motif seseorang
bertindak ekonomi tersebut melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
5)
Setiap kelompok harus membuat laporan sesuai dengan masalah yang dikaji. Hasil kajian itu sebaiknya didukung dengan gambar-gambar yang relevan.
6)
Kelompok IV, V dan VI ditunjuk oleh
guru untuk mempresentasikan kajiannya kemudian kelompok I, II dan III yang tidak presentasi dapat mengajukan pertanyaan.
7)
Peserta didik diminta menuliskan hasil diskusi pada lembar kertas kerja.
8)
Hasil diskusi kelompok kemudian
dikumpulkan kepada guru.
|
100 menit
|
Penutup
|
1)
Peserta didik dapat
ditanya apakah sudah memahami materi tersebut.
2)
Peserta didik diminta untuk mengumpulkan kertas kerja atau hasil diskusi.
3)
Guru menutup pembelajaran minggu ke-3 ini dengan
memberikan ringkasan tentang makna biaya
peluang, prinsip ekonomi dan motif ekonomi.
Dan mengajak berdoa semoga pembelajaran hari ini bermanfaat untuk kita semua.
|
15 menit
|
Pertemuan ke 4 (3 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru
dan peserta didik melaksanakan upacara di hari Senin. Selasa
Rabu
dan Kamis, setiap pagi do’a bersama dan
menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dipandu dari sentral, dilanjutkan
kegiatan literasi. Hari Jum’at melaksanakan Jum’at bersih, hijau, sehat dan religius
(berbasis budaya sekolah dan
penguatan pendidikan karakter)
· Memberikan salam dan berdoa
bersama (religiusitas)
· Menyanyikan Lagu Indonesia
Raya (nasionalisme)
· Kelas dipersiapkan agar lebih kondusif untuk proses
belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, berdoa, presensi (absensi, kebersihan
kelas, menyiapkan media dan alat serta
buku yang
diperlukan).
· Peserta didik disinggung tentang materi
minggu lalu yaitu biaya peluang, prinsip dan motif ekonomi
kemudian menghubungkannya dengan kondisi kehidupan sehari-hari.
· Peserta didik ditegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
· Peserta didikdi bagi menjadi enam kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, danVI) dan
diberikan waktu untuk diskusi 30 menit.
|
20 menit
|
Inti
|
1)
Sebelum peserta didik mempelajari pembagian ilmu
ekonomi dan ekonomi islam, peserta didik dapat diberikan apersepsi dengan menanyakan tentang mengapa manusia melakukan
kegiatan ekonomi dan masalah ekonomi dalam dunia nyata yang mereka ketahui.
2)
Kelompoki I dan IV ditugaskan untuk melakukan kajian tentang pembagian ilmu ekonomi dan konsep dasar
ilmu ekonomi melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
3)
Kelompok II dan IV ditugaskan untuk melakukan kajian tentang pengertian ekonomi syariah dan tujuan serta prinsip ekonomi syariah
melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
4)
Kelompok III dan VI ditugaskan untuk melakukan kajian tentang karakteristik ekonomi syarian dan konsep ekonomi syariah melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
5)
Setiap kelompok harus membuat laporan sesuai dengan masalah yang dikaji. Hasil kajian itu sebaiknya didukung dengan gambar-gambar yang relevan.
6)
Kelompok I, II dan III ditunjuk oleh
guru untuk mempresentasikan kajiannya kemudian kelompok IV, V dan VI yang tidak presentasi dapat mengajukan pertanyaan.
7)
Peserta didik diminta menuliskan hasil diskusi pada lembar kertas kerja.
8)
Hasil diskusi kelompok kemudian
dikumpulkan kepada guru.
|
100 menit
|
Penutup
|
1)
Peserta didik dapat
ditanya apakah sudah memahami materi tersebut.
2)
Peserta didik diminta untuk mengumpulkan kertaskerja.
3)
Guru menutup pembelajaran minggu ke-4 ini dengan memberikan ringkasan tentang makna pembagian ilmu ekonomi,
masalah dan ekonomi Islam.
Dan mengajak berdoa semoga pembelajaran hari ini bermanfaat untuk kita semua.
|
15 menit
|
H. Penilaian
1
|
Teknik Penilaian
|
|
||
|
A
|
Penilaian Sikap
|
:
|
|
|
B
|
Penilaian Pengetahuan
|
:
|
Tes Tertulis
|
|
C
|
Penilaian Keterampilan
|
:
|
Unjuk Kerja/ Praktik dan Portofolio
|
2
|
Bentuk Penilaian
|
|
||
|
A
|
Observasi
|
:
|
|
|
B
|
Tes Tertulis
|
:
|
Pilihan ganda
dan Uraian beserta pedoman penilaian
|
|
C
|
Unjuk Kerja
|
:
|
Lembar penilaian presentasi dan pedoman penilaian
|
|
D
|
Portofolio
|
:
|
Pengumpulan tugas mandiri
|
|
E
|
Proyek
|
:
|
|
|
F
|
Produk
|
:
|
|
|
G
|
Lainnya
|
|
|
3
|
Instrumen Penilaian
|
:
|
Terlampir
|
|
4
|
Alat Penilaian
|
:
|
Terlampir
|
Mengetahui,
Kepala SMA
..............
.......................................
|
.................,
16 Juli 2018
Guru Mapel
Ekonomi
..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar