Jumat, 19 Oktober 2018

Konsep dasar ilmu ekonomi RPP k13


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

                                    Sekolah                       : SMA ....
                                    Mata Pelajaran            : Ekonomi
                                    Kelas / Semester          : X / 1
                                    Materi pokok               : Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
                                    Alokasi Waktu            : 12 x 45 menit (4 kali pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.  Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi
Pertemuan ke-1
3.1.1. Mendeskripsikan pengertian ilmu ekonomi.
3.1.2. Mengklasifikasikan pembagian ilmu ekonomi.
3.1.3.         Mendeskripsikan peran dan manfaat ilmu ekonomi.
Pertemuan ke-2
3.1.4.         Mengidentifikasi Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas.
3.1.5.         Mengklasifikasikan Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan.
3.1.1.         Menjelaskan pengertian kelangkaan
3.1.2.         Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan
3.1.6.         Mendeskripsikan Biaya peluang (opportunity cost)
3.1.7.         Mendeskripsikan biaya peluang
3.1.8.         Menghitung besarnya biaya peluang
3.1.9.         Mendeskripsikan skala prioritas.
Pertemuan ke-3
3.1.7.          Mengidentifikasi kegiatan ekonomi
3.1.8.          Mendeskripsikan prinsip-prinsip ekonomi
3.1.9.          Menjelaskan pengertian prinsip ekonomi
3.1.10.      Mengidentifikasi berbagai prinsip ekonomi
3.1.11.      Menjelaskan pengertian motif ekonomi
3.1.12.      Mengidentifikasi motif seseorang bertindak ekonomi
3.1.13.      Mengidentifikasi motif ekonomi
3.1.14.      Mendeskripsikan politik ekonomi.
Pertemuan ke-4
3.1.15.       Mendeskripsikan Konsep Ekonomi syariah.
3.1.11.1. Pengertian Ekonomi syariah.
 3.1.11.2. Tujuan Ekonomi syariah.
 3.1.11.3. Prinsip Ekonomi syariah.
     3.1.11.1. Karakteristik Ekonomi syariah

4.1.  Mengidentifikasi kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan
4.1.1.         Mempresentasikan hubungan antara konsep ekonomi melalui pengertian ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan penerapan prinsip ekonomi
4.1.2.         Mempresentasikan hubungan antara konsep kelangkaan dengan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan

C. TujuanPembelajaran

Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, peserta didik dapat mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi dan menyajikan permasalahan kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan serta cara mengatasinya dengan mengembangkan sikap religiusitas, mandiri, penuh tanggung jawab, bekerja keras dan bekerja sama.

D. Materi Ajar

Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
Pertemuan ke 1
1.         Pengertian ilmu ekonomi.
2.         Pembagian ilmu ekonomi.
3.         Peran dan manfaat ilmu ekonomi.
Pertemuan ke 2
1.          Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan.
2.          Kelangkaan
3.          Biaya peluang (opportunity cost)
4.          Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas
Pertemuan ke 3
1.          Kegiatan ekonomi
2.          Prinsip-prinsip ekonomi
3.          Motif ekonomi
4.          Motif seseorang bertindak ekonomi
5.          Politik ekonomi.
Pertemuan ke 4
1.         Konsep Ekonomi syariah.
1.1. Pengertian Ekonomi syariah.
1.2. Tujuan Ekonomi syariah.
1.3. Prinsip Ekonomi syariah.
1.4. Karakteristik Ekonomi syariah.

E. MetodePembelajaran
Pendekatan
:
Saintifik
MetodePembelajaran
:
PBL (Problem Based Learning)
Model Pembelajaran
:
Diskusi, tanya jawab dan penugasan

F. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat dan Bahan Belajar

Laptop dan LCD, Peta Konsep dan Power point
2. Sumber Belajar

a.     Ismawanto, Inna Ratna Sari Dewi. 2014. Ekonomi 1. Kelompok Peminatan Ilmu Sosial Kelas X. Surakarta:CV Putra Kertonatan
b.    Ismawanto. 2017. PanduanMateri Sukses Olimpiade Sains Ekonomi Jilid 1 (Makro dan Mikro). Jakarta: Bina Prestasi Insani.
c.     Alam S. 2013. Ekonomi untuk SMA/MA kelas X. Penerbit Erlangga
d.    Kinanti Geminastiti, 2016 Ekonomi (Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial) Untuk siswa SMA/MA Kelas X.Bandung:Yrama Widya
e.     Buku ekonomi lain yang relevan dan ber-isbn, internet dan nara sumber


G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (3 JP)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Guru dan peserta didik melaksanakan upacara di hari Senin. Selasa Rabu dan Kamis, setiap pagi do’a bersama dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dipandu dari sentral, dilanjutkan kegiatan literasi. Hari Jumat melaksanakan Jum’at bersih, hijau, sehat dan religius (berbasis budaya sekolah dan penguatan pendidikan karakter)
·         Memberikan salam dan berdoa bersama (religiusitas)
·         Menyanyikan Lagu Indonesia Raya (nasionalisme)
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan
·         Menyampaikan topik tentang Konsep Ilmu Ekonomi. Namun sebelum mengkaji lebih lanjut tentang topik itu, secara khusus guru mengadakan sesi perkenalan.  Di usahakan masing-masing peserta didik bisa tampil untuk memperkenalkan diri (minimal sebut nama, alamat, cita-cita), terakhir guru memperkenalkan diri.
·         Guru memberikan motivasi dan bersyukur bisa bersekolah.
·         Guru menegaskan kembali  tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
30 menit
Inti
Berbasis kelas.
1.    Sebelum peserta  didik mempelajari pengertian ilmu ekonomi, guru dapat menunjukkan pendapat tentang ilmu ekonomi dari beberapa tokoh.
Guru  dapat memulai pelajaran dengan mengemukakan tentang konsep ilmu ekonomi dari beberapa tokoh diantaranya :
Adam Smith mengemukakan bahwa Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu.
Dalam Wikipedia Bahasa Indonesia, dijelaskan bahwa Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Istilah Ekonomi sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu oikos = keluarga atau rumah tangga, nomos = peraturan atau hukum.
John Stuart Mill mengemukakan pengertian ilmu ekonomi (1806-1873) karena ia seorang ekonom, filsuf, dan pejabat senior di perusahaan East-India berkebangsaan Inggris. Bagi John Stuart Mill, ilmu ekonomi adalah praktik ilmiah tentang pengeluaran dan penagihan keuangan.
Permendiknas Nomor 22 Tahun  2006 tentang Standar Isi, Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi,  konsumsi, dan/atau distribusi.
Collins dalam Kamus Ekonomi, dijelaskan bahwa Ekonomi merupakan ilmu tentang pemakaian faktor-faktor produksi yang tersedia seefektif mungkin, dalam memenuhi permintaan masyarakat yang tidak terbatas atas barang dan jasa. Tujuan akhir kegiatan ekonomi adalah untuk memuaskan kebutuhan manusia terhadap barang dan jasa.
Menurut Prof. P.A. Samuelson dalam bukunya yang berjudul Foundations of Economic Analysis, mengemukakan bahwa Ilmu Ekonomi adalah suatu studi mengenai bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat  pilihan, dengan   atau   tanpa   penggunaan   uang,   dengan menggunakan sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi sekarang dan dimasa mendatang, kepada berbagai orang dan golongan masyarakat.
2.      Peserta didik disajikan cerita tentang realitas kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat. Misalnya tentang kegiatan produksi, kegiatan distribusi atau kegiatan konsumsi yang dilakukan sehari-hari, sehingga peserta didik memiliki pengetahuan tentang ilmu ekonomi.
3.      Peserta  didik kemudian diberikan gambaran bahwa ilmu ekonomi sangat penting bagi kehidupan manusia, sehingga peserta didik dapat mengambil kesimpulan dari berbagai pendapat. Dan diberikan penjelasan mengenai tujuan, manfaat ilmu ekonomi, masalah kelangkaan, serta faktor penyebab kelangkaan. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah apa yang dimaksud dengan Ilmu Ekonomi jika dikaitkan dengan kegiatan manusia sehari hari?
90 menit
Penutup
Berbasis masyarakat
1.    Peserta didik  dapat  ditanya apakah  sudah memahami materi tersebut.
2.    Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal uji kompetensi di halaman enam untuk mengukur sejauh  mana dapat mengerti apa yang dijelaskan oleh guru.
3.    Peserta didik diminta untuk mengerjakan tugas kelompok dan tugas mandiri yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi masyarakat.
4.    Sebelum  mengakhiri pelajaran, peserta didik dapat ditanyakan tentang nilai-nilai atau manfaat apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini. Dilanjutkan doa untuk mengakhiri pembelajaran
15 menit

Pertemuan 2 (3 JP)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Guru dan peserta didik melaksanakan upacara di hari Senin. Selasa Rabu dan Kamis, setiap pagi do’a bersama dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dipandu dari sentral, dilanjutkan kegiatan literasi. Hari Jumat melaksanakan Jum’at bersih, hijau, sehat dan religius (berbasis budaya sekolah dan penguatan pendidikan karakter)
·         Memberikan salam dan berdoa bersama (religiusitas)
·         Menyanyikan Lagu Indonesia Raya (nasionalisme)
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
·         Menyampaikan topik tentang pembagian ilmu eknomi, prinsip dan motif ekonomi. Pembahasan dapat dimulai dengan mengajukan pernyataan dan pertanyaan sebagai apersepsi.
·         Guru menegaskan kembali  tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
·         Peserta didik dibagi menjadi enam kelompok (kelompok I, II, III, IV , V, danVI), dengan menggunakan waktu 30 menit untuk kegiatan diskusi.

20 menit
Inti
Guru mengarahkan peserta didik untuk melakukan aktivitas kelas sesuai dengan model pembelajaran Problem Based Learning (berbasis kelas)
1)   Peserta didik berkumpul dikelompok masing-masing
2)   Peserta didik ditugaskan:
a)    kelompok I dan II mendiskusikan  dan membuat rumusan tentang proses terjadinya kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan pengertian kebutuhan dari buku paket dan berbagai sumber atau literature diperpustakaan.
b)   kelompok III dan IV mendiskusikan dan membuat rumusan tentang macam-macam kebutuhan dan skala prioritas kebutuhan dari buku paket dan berbagai sumber atau literature diperpustakaan
c)    kelompok V dan VI mendiskusikan dan merumuskan tentang Macam-macam alat pemuas kebutuhan dan jenis kegunaan barang dari buku paket dan berbagai sumber atau literature diperpustakaan.
3)   Setelah  kira-kira 45 menit  diskusi kelompok diakhiri, guru kemudian meminta peserta didikmempresentasikan hasil rumusan masing-masing sesuai masalah yang didiskusikan. Mengingat waktu yang  terbatas dan ada dua kelompok yang mendiskusikan masalah  yang sama maka guru menunjuk hanya satu kelompok untuk setiap masalah. Misalnya ditunjuk kelompok I, III, danVI.
4)   Pada saat satu kelompok presentasi, kelompok lain dapat mengajukan pertanyaan, memberi masukan dan begitu seterusnya.

100 menit
Penutup
1)   Pembelajaran  minggu  ke-2 ini  ditutup  dengan memberikan komentar dan kesimpulan tentang materi yang baru saja didiskusikan.
2)   Guru menanyakan apakah peserta didik sudah memahami materi yang telah didiskusikan.
3)   Peserta  didik diberikan  pertanyaan lisan secara  acak   untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran minggu ini, misalnya: Definisi kebutuhan, Contoh kebutuhan, mengidentifikasi kelangkaan, jenis barang atau jasa dan sebagainya.
4)   Peserta didik diberi tugas untuk mencatat tentang kebutuhan masyarakat disekitar tempat tinggal peserta didik (berbasis masyarakat)
5)   Guru mengajak berdoa semoga pembelajaran hari ini bermanfaat untuk kita semua.
15 menit

Pertemuan 3 (3 JP)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Guru dan peserta didik melaksanakan upacara di hari Senin. Selasa Rabu dan Kamis, setiap pagi do’a bersama dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dipandu dari sentral, dilanjutkan kegiatan literasi. Hari Jumat melaksanakan Jum’at bersih, hijau, sehat dan religius (berbasis budaya sekolah dan penguatan pendidikan karakter)
·         Memberikan salam dan berdoa bersama (religiusitas)
·         Menyanyikan Lagu Indonesia Raya (nasionalisme)
·         Kelas  dipersiapkan  agar lebih kondusif untuk  proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, berdoa, presensi (absensi, kebersihan kelas, menyiapkan media dan  alat serta buku  yang diperlukan).
·         Peserta   didik disinggung tentang materi  minggu  lalu yaitu kebutuhan, skala prioritas dan alat pemuas kebutuhan manusia kemudian menghubungkannya dengan kondisi kehidpan sehari-hari.
·         Peserta didik ditegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
·         Peserta didikdi bagi menjadi enam kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, danVI) dan diberikan waktu untuk diskusi 30 menit.

20 menit
Inti
1)   Sebelum  peserta didik mempelajari  inti masalah ekonomi/kelangkaan,  peserta didik dapat  diberikan apersepsi dengan menanyakan tentang perbedaan kebutuhan dengan keinginan dan cara pemenuhan kebutuhan yang mereka ketahui.
2)   Kelompok I, dan IV ditugaskan untuk melakukan kajian tentang pengertian biaya peluang, menghitung biaya peluang dan mendeskripsikan biaya peluang melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
3)   Kelompok II, V ditugaskan untuk  melakukan kajian tentang Pengertian prinsip ekonomi dan mengidentifikasi berbagai prinsip ekonomi baik produsen maupun konsumen melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
4)   Kelompok III,VI ditugaskan untuk  melakukan kajian tentang pengertian motif ekonomi dan mengidentifikasi motif seseorang bertindak ekonomi tersebut melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
5)   Setiap kelompok harus membuat laporan sesuai dengan masalah yang dikaji. Hasil kajian  itu sebaiknya didukung dengan gambar-gambar yang relevan.
6)   Kelompok  IV, V dan VI ditunjuk  oleh  guru  untuk  mempresentasikan kajiannya kemudian kelompok I, II dan III yang tidak presentasi dapat mengajukan pertanyaan.
7)   Peserta didik diminta menuliskan hasil diskusi pada lembar kertas kerja.
8)   Hasil diskusi kelompok kemudian dikumpulkan kepada guru.

100 menit
Penutup
1)   Peserta didik  dapat  ditanya apakah  sudah memahami materi tersebut.
2)   Peserta didik diminta untuk mengumpulkan kertas kerja atau hasil diskusi.
3)   Guru menutup pembelajaran minggu ke-3 ini        dengan memberikan  ringkasan tentang makna biaya peluang, prinsip ekonomi dan motif ekonomi. Dan mengajak berdoa semoga pembelajaran hari ini bermanfaat untuk kita semua.
15 menit

       Pertemuan ke 4 (3 JP)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Guru dan peserta didik melaksanakan upacara di hari Senin. Selasa Rabu dan Kamis, setiap pagi do’a bersama dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dipandu dari sentral, dilanjutkan kegiatan literasi. Hari Jumat melaksanakan Jum’at bersih, hijau, sehat dan religius (berbasis budaya sekolah dan penguatan pendidikan karakter)
·      Memberikan salam dan berdoa bersama (religiusitas)
·      Menyanyikan Lagu Indonesia Raya (nasionalisme)
·      Kelas  dipersiapkan  agar lebih kondusif untuk  proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, berdoa, presensi (absensi, kebersihan kelas, menyiapkan media dan  alat serta buku  yang diperlukan).
·      Peserta   didik disinggung tentang materi  minggu  lalu yaitu biaya peluang, prinsip dan motif ekonomi kemudian menghubungkannya dengan kondisi kehidupan sehari-hari.
·      Peserta didik ditegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
·      Peserta didikdi bagi menjadi enam kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, danVI) dan diberikan waktu untuk diskusi 30 menit.
20 menit
Inti
1)   Sebelum  peserta didik mempelajari pembagian ilmu ekonomi dan ekonomi islam,  peserta didik dapat  diberikan apersepsi dengan menanyakan tentang mengapa manusia melakukan kegiatan ekonomi dan masalah ekonomi dalam dunia nyata yang mereka ketahui.
2)   Kelompoki I dan IV ditugaskan untuk melakukan kajian tentang pembagian ilmu ekonomi dan konsep dasar ilmu ekonomi melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
3)   Kelompok II dan IV ditugaskan untuk  melakukan kajian tentang pengertian ekonomi syariah dan tujuan serta prinsip ekonomi syariah melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
4)   Kelompok III dan VI ditugaskan untuk  melakukan kajian tentang karakteristik ekonomi syarian dan konsep ekonomi syariah melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
5)   Setiap kelompok harus membuat laporan sesuai dengan masalah yang dikaji. Hasil kajian  itu sebaiknya didukung dengan gambar-gambar yang relevan.
6)   Kelompok  I, II dan III ditunjuk  oleh  guru  untuk  mempresentasikan kajiannya kemudian kelompok IV, V dan VI yang tidak presentasi dapat mengajukan pertanyaan.
7)   Peserta didik diminta menuliskan hasil diskusi pada lembar kertas kerja.
8)   Hasil diskusi kelompok kemudian dikumpulkan kepada guru.
100 menit
Penutup
1)   Peserta didik  dapat  ditanya apakah  sudah memahami materi tersebut.
2)   Peserta didik diminta untuk mengumpulkan kertaskerja.
3)   Guru menutup pembelajaran minggu ke-4 ini dengan memberikan  ringkasan tentang makna pembagian ilmu ekonomi, masalah dan ekonomi Islam. Dan mengajak berdoa semoga pembelajaran hari ini bermanfaat untuk kita semua.

15 menit

H. Penilaian

1
Teknik Penilaian


A
Penilaian Sikap
:


B
Penilaian Pengetahuan
:
Tes Tertulis

C
Penilaian Keterampilan
:
Unjuk Kerja/ Praktik dan Portofolio
2
Bentuk Penilaian


A
Observasi
:


B
Tes Tertulis
:
Pilihan ganda dan Uraian beserta pedoman penilaian

C
Unjuk Kerja
:
Lembar penilaian presentasi dan pedoman penilaian

D
Portofolio
:
Pengumpulan tugas mandiri

E
Proyek
:


F
Produk
:


G
Lainnya


3
Instrumen Penilaian
:
Terlampir
4
Alat Penilaian
:
Terlampir


Mengetahui,
Kepala SMA ..............




.......................................
................., 16 Juli 2018

Guru Mapel Ekonomi



..................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar