PAS IPS TERPADU
KELAS VII
1.
Lembaga bentukan Jepang yang
bertugas mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk Indonesia merdeka adalah.
A.
PPKI
B.
Pemuda Asia Raya
C.
Jawa Hokokai
D.
BPUPKI
2.
Pada zaman pendudukan Jepang terjadi
pemberontakan PETA di Blitar dibawah pimpinan.
A.
Surachman
B.
Gatot subroto
C.
Supriyadi
D.
Jenderal Sudirman
3.
Berita kekalahan Jepang dalam
pertempuran di Laut Karang disusul dengan pemboman Kota Hiroshima dan Nagasaki merupakan
titik tolak bagi para pemuda untuk segera menentukan sikap yang tegas. Para
pemuda itu, terutama yang bekerja di kantor berita Jepang adalah ....
A.
Wikana dan Sultan Syahrir
B.
Wikana dan Yusuf Kunto
C.
Yusuf Kunto dan Mr. Ahmad Subardjo
D.
Mr. Ahmad Subardjo dan Sukarni
4.
Menjelang detik-detik proklamasi
kemerdekaan Indonesia, terutama setelah selesainya pembuatan konsep naskah proklamasi
oleh Sukarno-Hatta, timbul suatu permasalahan, yaitu ....
A.
pendapat Sukarni bahwa Soekarno-
Hatta tidak lengkap
B.
keinginan Bung Hatta agar Ir.
Soekarno yang menandatangani naskah
C.
Chairul Saleh usul agar semua yang
hadir menandatangani naskah
D.
usul Sukarni dan Sayuti Melik usul
agar naskah itu ditandatangani Soekarno- Hatta atas nama bangsa Indonesia
5.
Latar belakang terjadinya peristiwa
nRengasdengklok, yaitu ....
A.
pertentangan para pemuda dengan
pimpinan Jepang
B.
pertentangan para pemuda dengan
golongan tua dalam menetapkan proklamasi kemerdekaan
C.
suatu peristiwa mengawali
kemerdekaan Indonesia
D.
per tentangan antarpihak Jepang
dengan pihak Sekutu
6.
Tindakan yang dilakukan berdasarkan kebiasaan
turun temurun tanpa menyadari alasannya, dapat digolongkan dalam jenis tindakan
....
A.
afektif
B.
tradisional
C.
subjektif
D.
rasional
7.
Pernyataan berikut ini yang
merupakan contoh interaksi sosial adalah ....
A.
Ridwan berdoa dengan khusuk
B.
Lisa melukis pemandangan
C.
Rika memandangi potret kekasihnya
D.
Pak Seno menerangkan masalah Sosiologi
8.
Pernyataan yang bukan merupakan
ciri-ciri interaksi sosial adalah ....
A.
berpedoman pada norma-norma yang berlaku
B.
tidak ada reaksi dari pihak lain
C.
ditentukan oleh dimensi waktu
D.
ada komunikasi sebagai pengantar interaksi
9.
Jika suatu interaksi sosial terjadi,
maka secara otomatis tindakan sosial berlangsung sebab ....
A.
interaksi sosial dan tindakan sosial
tidak dapat dipisahkan
B.
interaksi sosial merupakan dasar
dari tindakan sosial
C.
manusia berinteraksi melalui
komunikasi
D.
manusia berhubungan di dalam
interaksi
10. Nurmansyah minta tolong kepada Sammy agar menyampaikan salam untuk
Indri. Kontak sosial demikian termasuk kontak ....
A.
sekunder
B.
sekunder langsung
C.
primer tidak langsung
D.
sekunder tidak langsung
11. Peranan nilai dan norma dalam pengendalian sosial adalah ....
A.
sebagai alat pengontrol tingkah laku
anggota masyarakat
B.
mengajak masyarakat untuk
berprestasi dalam pembangunan
C.
meningkatkan hubungan sosial dalam masyarakat
D.
m e m i c u a g re s i v i t a s d a
l a m masyarakat
12. Pengendalian sosial dalam masyarakat dapat dilakukan dengan cara
....
A.
sosialisasi
B.
enkulturasi
C.
provokasi
D.
asimilasi
13. Berikut ini merupakan tujuan dari pengendalian sosial, kecuali
....
A.
mengarahkan tingkah laku individu
B.
mengajar masyarakat untuk mematuhi nilai
dan norma
C.
membimbing masyarakat agar mengikutikaidah-kaidah
yang berlaku
D.
mengekang masyarakat dalam
berinteraksi atau bergaul
14. Contoh pengendalian sosial dalam masyarakat yang dilakukan melalui
pengawasan dari individu terhadap kelompok adalah ....
A.
polisi mengontrol masyarakat agar tercipta
keamanan dan ketertiban
B.
kakak mengajari adik sopan santun
C.
bapak memberi nasihat kepada kakak
D.
ibu guru mendidik para siswa tentang
etika dan moral
15. Pendidikan agama di sekolah merupakan salah satu usaha untuk
mencegah para siswa melakukan pelanggaran nilai-nilai ataupun norma-norma
sosial dalam masyarakat. Usaha ini termasuk pengen-dalian sosial yang bersifat
....
A.
preventif
B.
membujuk
C.
represif
D.
kuratif
16. Pengendalian sosial yang bersifat represif mencakup contoh-contoh
di bawah ini, kecuali ....
A.
pendidikan moral sejak dini dalam keluarga
B.
menghukum siswa yang bolos sekolah
C.
memberi hukuman penjara seumur hidup
bagi pengedar narkotika
D.
siswa yang terlibat tawuran dihukum jemur
di bawah terik matahari
17. Penanaman nilai-nilai peraturan, rasa kesetiakawanan, dan cinta
perdamaian melalui organisasi kepramukaan merupakan salah satu cara
pengendalian sosial yang dilakukan melalui sarana ....
A.
desas-desus
B.
pendidikan
C.
sanksi
D.
interaksi sosial
18. Salah satu alat pengendalian sosial pada kelompok primer, seperti
keluarga atau kelompok bermain adalah ....
A.
hukum perdata
B.
hukum pidana
C.
peraturan pemerintah
D.
celaan dan pengucilan
19. Wujud nyata dari pelaksana sanksi yang merupakan salah satu sarana
pengendalian sosial adalah ....
A.
konvensi dan adat istiadat
B.
nilai dan norma sosial
C.
hukuman penjara dan denda
D.
hukum perdata dan pidana
20. Penduduk usia produktif atau yang telah memasuki usia kerja, baik
yang sudah bekerja maupun aktif mencari kerja yang masih mau dan mampu untuk
melakukan pekerjaan, dinamakan ....
A.
penduduk
B.
tenaga kerja
C.
angkatan kerja
D.
pengangguran
21. Golongan angkatan kerja adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.
golongan yang sedang bekerja
B.
golongan usia telah lanjut
C.
golongan yang sedang duduk di bangku
sekolah
D.
golongan kanak-kanak
22. Penduduk yang sudah memasuki usia kerja, baik yang sudah bekerja,
belum bekerja atau sedang mencari pekerjaan, dinamakan ....
A.
penduduk
B.
angkatan kerja
C.
tenaga kerja
D.
pengangguran
23. Faktor-faktor yang mempengaruhi angkatan kerja adalah, kecuali
....
A.
jumlah penduduk
B.
usia penduduk
C.
tingkat pendidikan
D.
piramida penduduk
24. Pengangguran yang terjadi karena adanya orang yang rela
meninggalkan pekerjaannya untuk mendapatkan penghasilan lain, disebut ....
A.
pengangguran voluntary
B.
pengangguran teknologi
C.
pengangguran terselubung
D.
pengangguran friksional
25. Kondisi di mana seseorang pada usia tertentu telah mendapatkan
posisi sesuai dengan tingkat pendidikannya dan dapat hidup layak, disebut ....
A.
kesempatan kerja
B.
angkatan kerja
C.
tenaga kerja
D.
pengangguran friksional
26. Upaya pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia adalah
sebagai berikut, kecuali ....
A.
perbaikan gizi
B.
peningkatan jumlah penduduk
C.
pelatihan tenaga kerja
D.
pemagangan
27. Ciri-ciri sistem ekonomi tradisional, kecuali....
A.
barter
B.
untuk kebutuhan sendiri
C.
diatur oleh pemerintah
D.
kegiatannya berburu
28. Negara yang menganut sistem ekonomi liberal adalah ....
A.
Iran
B.
Jepang
C.
Arab Saudi
D.
Indonesia
29. Tarif pajak yang tidak tergantung besar kecilnya objek pajak
adalah ....
A.
tarif tetap
B.
tarif proporsional
C.
tarif progresif
D.
tarif degresif
30. Fungsi pajak sebagai sumber pendapatan negara adalah ....
A.
fungsi anggaran
B.
fungsi pembiayaan
C.
fungsi stabilisasi
D.
fungsi retribusi perdagangan
......... SEMOGA BERMANFAAT ........
Tidak ada komentar:
Posting Komentar